Festival Pulau Penyengat (FPP) 2018 di Tanjungpinang : Mengingat Masa Kejayaan Kesultanan Johor-Riau


Terletak tepat di seberang kota Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, pulau kecil Penyengat sedang dikembangkan  untuk menjadi ikon baru pengembangan pariwisata dan budaya Tanjungpinang. Tahun ini, Tanjung Pinang di Kepulauan Riau akan Festival Pulau Penyengat dari tanggal 14 – 18 Februari 2018.
Perayaan empat hari tersebut akan menampilkan lebih dari 20 aktivitas dan tiga acara utama yaitu Malay Fashion Carnival, Melayu Parade, and Muslim and Melayu Fashion Bazaar. Acara diadakan di beberapa lokasi, seperti Balai Adat Indra Perkasa, Balai Kota, Balai Desa  yang terletak di dekat Pelabuhan Penyengat.
Festival Pulau Penyengat 2018 juga akan menyoroti karya sastra Gurindam 12 yang terkenal yang ditulis dalam bahasa Melayu Kuno Riau, diskusi tentang puisi, kuis, dan presentasi tentang sejarah Penyengat. Di luar puisi akan ada kompetisi melukis, kelas sastra, dan seminar budaya. Juga akan ada balap kapal, kano, mendayung, renang tradisional, pertarungan bantal, dan lomba menerbangkan layang-layang. Selain itu, festival ini juga akan mencakup kompetisi fotografi, kompetisi film pendek, festival kuliner, peragaan busana Melayu, dan cerita rakyat.
Walikota Tanjung Pinang Lis Darmansyah mengatakan Pulau Penyengat sangat istimewa bagi banyak orang yang berasal dari daerah tersebut, karena sejarah dan budayanya yang unik.
"Festival ini juga merupakan titik refleksi tentang masa lalu kerajaan yang agung. Nilai dan adat istiadat harus diingat dan diimplementasikan, sehingga bisa menjadi kebanggaan generasi masa depan," kata Lis, seperti dikutip dalam pernyataan tersebut.
"Panitia telah berkoordinasi dengan kami dan kami menargetkan bisa menarik 300 turis asing dan 12.000 wisatawan domestik di festival tersebut. Mudah-mudahan kita bisa melebihi target ini, "kata Deputi Pengembangan dan Pemasaran Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti.
"Kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran akan pariwisata dan budaya Melayu, memperbaiki industri kelautan dan meningkatkan jumlah wisatawan asing dan domestik karena Pulau Penyengat adalah daerah perbatasan," tambah Esthy.
Pulau Penyengat terletak dua kilometer langsung di depan kota Tanjungpinang dan bisa ditempuh dalam 15 menit dengan kapal. Pada abad ke-18, pulau Penyengat merupakan tempat kedua Kesultanan Johor-Riau. Pulau ini memiliki perpaduan yang menarik antara arsitektur Jawa dan Belanda, dan masih dijiwai dengan nilai yang harum meski telah terbengkalai hampir selama lebih dari 80 tahun. Disini terdapat makam dan kriptus, serta sebuah benteng yang telah dipugar.
Sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Johor-Riau dulu, Pulau Penyengat memiliki banyak peninggalan Kesultanan termasuk Masjid Agung Sultan Riau, Makam Sultan Sultan-Johor dan keluarga, makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, Kantor Istana, Pengadilan Adat, dan benteng Bukit Kursi.Karena pulau ini dekat dengan Tanjungpinang, mudah dicapai dengan speedboat, atau Anda bisa menyewa satu untuk membawa sekelompok kecil orang untuk perjalanan pulang pergi. Untuk berkeliling Penyengat Anda bisa menggunakan becak bermotor.

Jika Anda Berminat ingin berkunjung ke Tanjung pinang dan bintan , butuh kendaraan sebagai transportasi 
Anda bisa langsung Menghubungi kami :

Sewa Mobil dan Driver
Melayani Family Tour & Private Tour

 (wa) riski 085278467884

http://auliarentalmobil.blogspot.co.id/


2 comments:

  1. assalamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com Call/Wa 62822-9128-6336
    semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih Kh. Ahmad Danan saya tidak akan melupakan jasa aki.

    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI












































    ReplyDelete

Powered by Blogger.