Tempat wisata paling keren di pulau BINTAN , surga tropis di kepulauan riau

1. Menelusuri gurun pasir eksotis: Gurun Pasir Busung


Tak dapat dipungkiri kalau Indonesia memiliki bentang alam yang sangat beragam. Bahkan di tengah-tengah hutan yang rindang maupun pantai-pantai tropis pun Anda dapat menemukan hamparan gurun pasir.


Inilah yang bakal Anda jumpai di Gurun Pasir Busung nan misterius. Lokasi ini tadinya merupakan tempat penambangan pasiryang kini menjelma menjadi gurun pasir nan cantik. Tak kalah dengan yang ada di Timur Tengah!

Beberapa waktu terakhir ini, nama Gurun Pasir Busur mulai naik daun dan jadi favorit para Instagrammer. Namun berhubung tempat ini belum dikembangkan sepenuhnya sebagai destinasi wisata, pengunjungnya pun masih sedikit.

Akses menuju gurun pasir ini tidak terlalu sulit, karena berada tepat di tepi Jalan Raya Busung. Tapi sayangnya, untuk ke sini Anda tak dapat menggunakan angkutan umum.

2. Mengunjungi kapal legendaris di waktu senja: MV Doulos Phos

Dibalik gemerlapnya hotel-hotel dan resort-resort mewah, Bintan juga memiliki sejarah yang cukup menarik.

Salah satu cara untuk napak tilas sejarah (sekaligus foto-foto!), Anda dapat mengunjungi kapal yang “menghabiskan masa tua” di Pelabuhan Bandar Bentan Telani ini.


Kapal yang dibangun pada tahun 1914 (dua tahun setelah Titanic) ini dulunya bernama SS-Medina, baru di penghujung tahun 1977 namanya berganti menjadi MV Doulos Phos. Dalam sejarahnya, kapal ini tercatat dalam Guiness Book of Records sebagai kapal penumpang tertua di dunia. Selain itu, kapal ini juga pernah difungsikan untuk misi kemanusiaan dengan membawa buku-buku.

Di tahun 2009, akhirnya kapal ini dijual dan oleh sang pemilik baru akan diubahfungsikan menjadi sebuah boutique hotel. Rencananya, di akhir 2016 ini proyek hotel tersebut akan rampung.



Nah, mumpung belum selesai berubah wujud, Anda dapat menyambangi dan menyaksikan langsung kemegahan kapal legendaris ini. Paling keren jika berkunjung ke sini di sore hari dengan latar belakang lembayung senja yang spektakuler

3. Danau indah dengan panorama surealis: Danau Biru, Kawal

Meskipun sama-sama berwarna biru, namun entah mengapa warna air di Danau Biru ini jauh lebih menghipnotis ketimbang lautan yang mengelilingi Bintan.


Pemandangan ini akan tambah spektakuler lagi dengan bukit-bukit pasir berwarna putih yang tampak kontras di sekelilingnya. Saking indahnya, Anda pasti tak akan menduga bahwa danau ini tidak tercipta secara alami, melainkan akibat aktivitas penambangan yang hingga kini masih dilakukan. Karena danau ini sebetulnya bukan merupakan sebuah obyek wisata, maka saat berkunjung ke sini Anda tak akan diganggu oleh ramainya turis. Hanya pemandangan danau yang begitu menakjubkan. Ingat ya, kalau ke sini jangan meninggalkan sampah.

4. Kemeriahan parade bahari tahunan: Kepri Marine Festival

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang dua per tiga wilayahnya merupakan lautan. Jadi sangat pantas rasanya kalau kekayaan bahari tersebut dirayakan dalam sebuah festival yang meriah.

Berbagai kegiatan yang terdapat dalam festival ini antara lain

Namun bagian paling seru dari festival ini adalah parade Kepri Carnival menyusuri waterfront yang menampilkan 100 peserta dengan aneka kostum gemerlap dan berwarna-warni  bertema bahari.

Perpaduan antara musik enerjik, latar lautan, serta kostum-kostum unik tentunya menjanjikan sebuah perayaan yang tiada duanya

5. Asyiknya bersantai di Treasure Bay Bintan              

Coba bayangkan sebuah pantai jernih berpasir putih paling indah yang pernah Anda lihat. Sudah? Nah, sekarang kalikan dengan sepuluh. Itulah yang akan Anda dapatkan jika berkunjung ke Crystal Lagoon.

Menyandang nama sebagai laguna air laut buatan pertama di Asia Tenggara, Crystal Lagoon menyuguhkan pemandangan epik berupa  air dengan gradasi kebiruan dan pasir putih nan lembut yang begitu menjanjikan suasana liburan paling memorable

Meskipun ramai dikunjungi wisatawan, namun ukuran laguna yang sangat membentang luas (setara dengan 50 kolam ukuran olimpiade!) membuatnya tetap nyaman untuk dinikmati.

Y

Ini dia surganya para penggemar aktivitas air! Entah itu mengeksplor keindahan bawah air, atau melakukan kegiatan seru di atas air, semua bisa dilakukan di sini

Bintan Wake Park merupakan fasilitas wakeboarding (perpaduan antara skateboard dan surfing) terbaru di Bintan. Olahraga ini mengharuskan Anda berdiri di sebuah papan selancar, lalu ditarik oleh seutas tali. Kebayang kan betapa mendebarkannya?

Kalau tak berani melakukan itu semua, setidaknya cobalah berjalan di atas air dengan menggunakan ZOVB Balls yang begitu ringan.

6. Igloo misterius dari batu bata: Rumah Arang

beneran ada ada igloo di Indonesia? Ya, memang kedengarannya aneh, namun Anda bisa menemukan igloo di Bintan! Memang sih tidak terbuat dari es, tapi bentuknya sama persis kok.

Bangunan-bangunan berbentuk dome ini dulunya merupakan dapur tungku milik warga  Suku Laut, sebelum terbengkalai semenjak proses pembakaran bakau untuk membuat arang dilarang.

Kini, kubah yang terbuat dari batu bata ini menjadi sebuah obyek  yang menarik perhatian para wisatawan.

Coba deh berfoto di antara bangunan-bangunan unik ini, pasti teman-teman Anda akan penasaran dibuatnya dan mencoba menerka-nerka apakah gerangan itu sebenarnya.

7. Pantai surga serasa milik sendiri: White Sands Island

Tertarik menghabiskan waktu di sebuah pulau surga nan terpencil?

White Sands Island bukanlah resort biasa, merupakan sebuah pulau pribadi di mana para tamu diajak untuk menikmati liburan sepuasnya dalam suasana tropis.

Anda bisa mengisi waktu dengan snorkeling menikmati keindahan bawah lautnya, mengayuh kayak mengitari pulau, atau berkemah di bawah bintang-bintang.


Pokoknya apapun yang bikin Anda hepi! Puas beraktivitas di pulau nan indah ini, pesanlah minuman dari bar dan nikmati piknik di pinggir pantai sambil menunggu pemandangan matahari terbenam.

8. Liburan penuh petualangan di puncak gunung: Gunung Bintan Adventure Trek

Kata siapa Bintan cuma punya pantai indah? Di Gunung Bintan, mata Anda akan dipukau oleh keindahan alam yang luar biasa!

Dari puncaknya yang berada di ketinggian 340 meter di atas permukaan laut, Anda akan disuguhkan pemandangan setiap sudut pulau sejauh mata memandang. Puncak tersebut bisa dicapai dengan mendaki hanya sekitar 2-4 saja kok.

Selain pemandangannya yang elok, dalam pendakian pun Anda akan bertemu dengan berbagai satwa dan tumbuhan liar, serta sebuah air terjun!

Di perjalanan balik, jangan lupa untuk mampir ke air terjun tersembunyi dan segarkan kembali diri Anda dengan airnya yang sejuk.

9. Berfoto dengan patung 1000 wajah: Wihara Patung 100 Wajah (Vihara Ksitigarbha Bodhisattva)


Sebagai negara berdasar Pancasila, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai rumah-rumah ibadah beragam keyakinan di Indonesia, termasuk di Bintan.

Salah satu rumah ibadah yang paling unik di Bintan adalah Vihara Ksitigrabha Bodhisattva atau dikenal juga dengan nama 500 Lohan Temple atau Wihara Patung 1000 Wajah.

Pastikan Anda menyempatkan diri ke taman tempat patung-patung tersebut berada dan menyaksikan sendiri keunikan masing-masing patung yang berbeda satu sama lain. Anda bahkan dapat mengetahui nama-nama mereka dari pahatan yang terdapat di bagian bawah kakinya.

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa disebut Wihara Patung Seribu Wajah? Karena di sini terdapat 500 patung murid Buddha seukuran normal dalam berbagai ekspresi. Benar-benar unik dan membuat Anda langsung berasa seperti sedang berada di Negeri Tiongkok.

10.Menyusuri jejak Suku Laut yang ada di Bintan: Trails of the Sea Gypsies


Salah satu yang dapat disaksikan hingga saat ini adalah kehidupan masyarakat Suku Laut yang mendiami kawasan pesisir. Suku Laut adalah penduduk nomaden yang berkelana mengarungi lautan seluruh Indonesia.Walaupun sudah banyak yang menetap di kawasan pesisir Bintan dan tersentuh oleh kehidupan modern, namun gaya hidup tradisional dan sederhana masih tetap dipertahankan. Diantaranya yang bisa Anda saksikan adalah rumah-rumah terapung serta proses pembuatan perahu tradisional.

11. Temukan ketenangan jiwa di tengah hutan: Aroma River Spa

Aroma River Spa bukanlah tempat spa biasa.Ini adalah satu-satunya spa terapung di Bintan, di mana Anda dapat memanjakan tubuh dengan aneka perawatan spa, di tengah-tengah rindangnya hutan bakau.

Setelah mencoba perawatan Traditional Riau Body Massage atau De-Stress River Spa Package, nikmatilah perjalanan menyusuri sungai yang tenang dengan perahu dan temukan ketenangan batin.

12.menyusuri sungai bakau yang eksotis: Mangrove Discovery Tour

Ingin mengisi liburan dengan cara yang asyik? Cobalah bertualang menyusuri hutan bakau yang ada di Bintan menggunakan perahu.

Tak cuma menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, hutan bakau juga berfungsi sebagai pelindung daratan dari erosi air laut. Dalam perjalanan menyusuri sungai, Anda akan berjumpa dengan sekawanan kera dan satwa liar lainnya. Selain itu, tampak pula beberapa nelayan tradisional sedang bekerja.

Kalau Anda tipe orang yang suka keluar malam, bagaimana kalau mencoba paket tur malam hari yang juga tersedia?

Bayangkan mengarungi sungai di tengah malam yang gelap, sambil ditemani gemerlap cahaya bintang, serta kelap-kelip kunang-kunang yang masih banyak terdapat di sini.

13. Bersantai di pantai berpasir putih: Pantai Trikora

Jenuh dengan suasana kota dan ingin menikmati pantai yang indah? Maka melipirlah ke Pantai Trikora yang sempat jadi primadona di Bintan.

Hamparan pasir putih di pesisir timur laut Bintan ini merupakan destinasi favorit para wisatawan sebelum maraknya pembangunan resort-resort mewah.

Pantai Trikora sebetulnya merupakan rangkaian dari empat buah pantai dengan nama yang sangat mudah diingat, yaitu Pantai Satu, Dua, Tiga dan Empat.

Saat musim kemarau, kondisi air di pantai ini begitu jernih dan bersih, sehingga sangat sempurna untuk snorkeling.

Terdapat beberapa gubuk yang menjual minuman dingin dan makanan ringan, jadi jangan takut kelaparan. Pokoknya suasana di pantai ini benar-benar santai dengan kehadiran segelintir wisatawan dan backpacker saja.

Nah, itu dia tempat-tempat wisata di Bintan yang jadi favorit kami. Dari pantai berpasir putih, hutan bakau yang rindang, sampai tempat bernuansa relijius semuanya ada!


Jika Anda Berminat ingin berkunjung ke Tanjung pinang dan bintan , butuh kendaraan sebagai transportasi 
Anda bisa langsung Menghubungi kami :

Sewa Mobil dan Driver



3 comments:

Powered by Blogger.